Article Detail

Bermain Sedotan Sangat Mengasyikan

Siswa di SD Santo Yosef Surabaya setiap hari Senin mendapatkan pelajaran PKT (Pendidikan Karakter Tarakanita). Di pembelajaran ini siswa tidak belajar mengenai teori, tetapi mempelajari tentang bagaimana menjadi manusia yang cerdas, utuh, dan berbelarasa. Dalam pembelajaran ini, siswa mempelajari mengenai gerakan Tarakanita yaitu Cc5+ KPKC. Salah satu bentuk gerakan Tarakanita adalah Celebration. Dalam gerakan ini, siswa ditumbuhkan semangat dan penghayatannya dalam bersikap, bersyukur, dan berdaya juang. Daya juang adalah salah satu sikap yang sangat diperlukan siswa ketika berada dalam sebuah permasalahan. Di sini siswa diharapkan mampu mengembangkan ketrampilan dalam memecahkan sebuah masalah dan tidak mudah menyerah dalam mengahadapinya.

Dalam implementasinya di kelas, penanaman karakter daya juang pada siswa dapat dilaksanakan dengan kegiatan yang menyenangkan.  Di kelas 4 SD, kegiatan ini dilaksanakan dengan membangun menara menggunakan sedotan. Siswa bersama temannya berlomba-lomba membuat menara yang paling tinggi menggunakan sedotan yang disusun. Bahan yang digunakan hanya sedotan saja. Semua siswa mengembangkan kreatifitasnya masing-masing dengan temannya. Dengan kegiatan yang menyenangkan ini siswa dapat meningkatkan imajinasi dan kreatifitasnya. Selain itu, daya juang dari siswa akan tampak. Ada yang baru setengah jalan sudah menyerah, ada yang bisa membangun tinggi, adapula yang belum memulai saja sudah menyerah.

Kegiatan tersebut diharapkan pula dapat memotivasi siswa untuk terus belajar dan berjuang agar dapat meraih kesuksesan akademis, belajar pengetahuan tentang kehidupan dan juga pembentukan karakter manusia yang baik, sehingga kita memiliki banyak modal untuk menuju keberhasilan hidup dengan disertai daya juang yang kuat dan berserah pada penyelenggaraan Ilahi

 

Aku orang yang tidak pernah gagal, hanya sedang belajar, berusaha untuk sukses. Karena kegagalan yang sebenarnya adalah saat kita berhenti mencoba”..( Miss Maya )

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment