Article Detail
SEKOLAH ADIWIYATA
Adiwiyata
Kata
ADIWIYATA berasal dari Bahasa Sansekerta yaitu dari kata ADI yang berarti
besar, agung, baik, ideal atau sempurna dan kata WIYATA yang berarti tempat
dimana seseorang mendapatkan ilmu pengetahuan, norma dan etika. Sedangkan
ADIWIYATA artinya tempat yang besar, agung, baik dan indah yang dimana tempat
itu digunakan oleh seseorang untuk mendapatkan ilmu pengetahuan, norma dan
etika.
SEKOLAH ADIWIYATA adalah SEKOLAH yang peduli lingkungan yang
sehat, bersih serta lingkungan yang indah. Dengan adanya program ADIWIYATA
diharapkan seluruh masyarakat di sekitar SEKOLAH agar dapat menyadari bahwa
lingkungan yang hijau adalah lingkungan yang sehat bagi kesehatan tubuh
kita.
Tujuan
Dari ADIWIYATA :
·
Tujuan Umum : membentuk sekolah peduli dan berbudaya lingkungan
yang mampu berpartisipasi dan melaksanakan upaya pelestarian lingkungan dan
pembangunan berkelanjutan bagi kepentingan generasi sekarang maupun yang akan
datang.
·
Tujuan Khusus : mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab
dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan melalui tata kelola sekolah
yang baik untuk mendukung pembangunan berkelanjutan
Prinsip
Dasar Program ADIWIYATA :
1.
Edukatif, prinsip ini mendidik programer Adiwiyata untuk
mengedepankan nilai-nilai pendidikan dan pembangunan karakter peserta didik
agar mencintai lingkungan hidup, baik lingkungan dalam sekolah, di rumah dan di
masyarakat luas.
2.
Partisipatif, komunitas sekolah harus terlibat dalam manajemen
sekolah yang meliputi keseluruhan proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi
sesuai tanggungjawab dan peran.Partisipatif ini juga merupakan sebuah sikap
yang harus dituntujukkan kepada lingkungan sekitar sekolah dari komite sampai
pemerintahan setempat, harus dilibatkan, agar pelestarian lingkungan hidup dari
sekolah bisa berdampak ke lingkungan sekitar.
3.
Berkelanjutan, seluruh kegiatan harus dilakukan secara terencana
dan terus menerus secara komprehensif/berkesinambungan.
Komponen
Untuk Mencapai Tujuan SEKOLAH ADIWIYATA :
1.Kebijakan
Berwawasan Lingkungan
o
Visi dan Misi Sekolah yang Peduli dan Berbudaya Lingkungan.
o
Kebijakan Sekolah dalam mengembangkan Pendidikan Lingkungan
Hidup.
o
Kebijakan Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) baik Pendidikan maupun
tenaga Kependidikan dibidang Pendidikan Lingkungan Hidup.
o
Kebijakan Sekolah dalam hal penghematan Sumber Daya Alam
o
Kebijakan Sekolah yang mendukung terciptanya Lingkungan Sekolah
yang Bersih dan Sehat.
o
Kebijakan Sekolah untuk pengalokasian dan penggunaan dana bagi
kegiatan yang terkait dengan lingkungan hidup
2.
Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Lingkungan
o
Pengembangan model pembelajaran lintas mata pelajaran,
o
Penggalian dan pengembangan materi dan persoalan lingkungan
hidup yang ada di masyarakat sekitar,
o
Pengembangan metode belajar berbasis lingkungan dan budaya,
o
Pengembangan kegiatan kurikuler untuk peningkatan pengetahuan
dan kesadaran siswa tentang lingkungan hidup.
3.
Kegiatan Lingkungan Berbasis Partisipatif
o
Menciptakan kegiatan ekstrakurikuler/kurikuler di bidang
lingkungan hidup berbasis partisipatif di sekolah,
o
Mengikuti kegiatan aksi lingkungan hidup yang dilakukan oleh
pihak luar,
o
Membangun kegiatan kemitraan atau memprakarsai pengembangan
pendidikan lingkungan hidup di sekolah.
4.
Pengelolaan Sarana Pendukung Sekolah yang Ramah Lingkungan
o
Pengembangan fungsi sarana pendukung sekolah yang ada untuk
pendidikan lingkungan hidup,
o
Peningkatan kualitas pengelolaan lingkungan di dalam dan di luar
kawasan sekolah,
o
Penghematan sumberdaya alam (listrik, air dan ATK),
o
Peningkatan kualitas pelayanan makanan sehat,
o
Pengembangan sistem pengelolaan sampah.
Manfaat
mengikuti Program ADIWIYATA adalah :
1.
Mendukung pencapaian standar kompetensi/ kompertensi dasar dan
standar kompetensi lulusan (SKL) pendidikan dasar dan menengah.
2.
Meningkatkan efesiensi penggunaan dana operasional sekolah
melalui penghematan dan pengurangan konsumsi dari berbagai sumber daya dan
energi.
3.
Menciptakan kebersamaan warga sekolah dan kondisi belajar
mengajar yang lebih nyaman dan kondusif.
4.
Menjadi tempat pembelajaran tentang nilai-nilai pemeliharaan dan
pengelolaan lingkungan hidup yang baik dan benar bagi warga sekolah dan
masyarakat sekitar.
5.
Meningkatkan upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup
meIalui kegiatan pengendalian pencemaran, pengendalian kerusakan dan
pelestarian fungsi lingkungan di sekolah.
Adapun penghargaan dalam program ADIWIYATA terbagi dalam 3
kategori yaitu Sekolah Adiwiyata Mandiri, Sekolah Adiwiyata, dan Sekolah Calon
Adiwiyata. Adiwiyata Mandiri diberikan kepada sekolah-sekolah yang mampu
mempertahankan program-program lingkungan hidup mereka selama tiga tahun
berturut-turut. Meski demikian pada dasarnya program Adiwiyata tidak ditujukan
sebagai suatu kompetisi atau lomba. Penghargaan Adiwiyata diberikan sebagai
apresiasi kepada sekolah yang mampu melaksanakan upaya peningkatan pendidikan
lingkungan hidup secara benar, sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan.
Sebagaimana disebutkan diatas, penghargaan adiwiyata tahapan pemberdayaan
(selama kurun waktu kurang dari 3 tahun) dan tahap kemandirian (selama kurun
waktu lebih dari 3 tahun). Pada tahap awal, penghargaan Adiwiyata dibedakan atas
dua kategori, yaitu : Sekolah Adiwiyata adalah sekolah yang dinilai telah
berhasil dalam melaksanakan Pendidikan Lingkungan Hidup dan Calon Sekolah
Adiwiyata adalah sekolah yang dinilai telah berhasil dalam pengembangan
lingkungan hidup.
Sumber
: https://dlh.blitarkab.go.id/adiwiyata/
-
there are no comments yet