Article Detail
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)
P5 adalah projek yang akan menemukan jawaban atas
pertanyaan mengenai peserta didik dengan kompetensi seperti apa yang ingin
dihasilkan oleh sistem pendidikan Indonesia.
Projek tersebut dilakukan dengan menanamkan
karakter pada pribadi peserta didik berdasarkan nilai-nilai pancasila.
Kompetensi P5 memperhatikan beberapa faktor yang
dapat memberikan pengaruh, baik faktor internal atau faktor eksternal. Adapun
contoh faktor internal yang diperhatikan adalah ideologi, sementara contoh dari
faktor eksternal adalah tantangan di era digital.
P5 berupaya menjadikan peserta didik sebagai
penerus bangsa yang unggul dan produktif. serta dapat turut berpartisipasi
dalam pembangunan global yang berkesinambungan.
Visi Pendidikan Indonesia adalah mewujudkan
Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya
pelajar Pancasila.
Sementara Profil Pelajar Pancasila mendukung
visi tersebut dengan menjadikan Pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang
hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila.
Prinsip P5
Berikut beberapa prinsip P5
1. Holistik
Adalah prinsip yang memandang segala sesuatu
secara keseluruhan atau terpisah-pisah.
Kerangka berpikir holistik yang ditanamkan dalam
P5 akan mendorong peserta didik untuk mempelajari tema dan materi secara
keseluruhan dan memahami persoalan secara mendalam.
Karenanya, setiap tema dalam P5 cenderung
menjadi wadah dari berbagai perspektif dan konten pengetahuan secara terpadu.
Prinsip holistik juga memotivasi peserta didik
agar dapat melihat koneksi yang bermakna antar komponen dalam pelaksanaan P5,
seperti peserta didik, pendidik, dan sebagainya.
2. Kontekstual
Kontekstual adalah prinsip yang berkaitan dengan
upaya mendasarkan kegiatan pembelajaran pada pengalaman nyata dalam kehidupan
sehari-hari.
Prinsip ini memotivasi pendidik dan peserta
didik agar dapat menjadikan lingkungan dan realitas kehidupan sebagai bahan
utama pembelajaran.
Satuan pendidikan berperan sebagai penyelenggara
kegiatan projek profil harus membuka ruang dan kesempatan bagi peserta didik
untuk dapat bereksplorasi di luar lingkup satuan pendidikan.
3. Berpusat Pada Peserta Didik
Prinsip selanjutnya adalah prinsip yang menjadikan
peserta didik sebagai subjek pembelajaran yang aktif.
Dengan prinsip ini, diharapkan pendidik dapat
mengurangi peran sebagai aktor utama dalam kegiatan belajar mengajar.
P5 menjadikan pendidik sebagai fasilitator
pembelajaran yang memberikan banyak kesempatan bagi peserta didik untuk
bereksplorasi dari dorongan diri sendiri sesuai kondisi dan kemampuannya.
4. Eksploratif
Prinsip eksploratif adalah prinsip yang berkaitan
dengan semangat untuk membuka ruang bagi proses pengembangan diri dan inkuiri,
baik terstruktur ataupun bebas.
P5 memiliki area eksplorasi yang luas dari segi
jangkauan materi peserta didik, alokasi waktu, dan penyesuaian dengan tujuan
pembelajaran.
Prinsip eksploratif juga berupaya mendorong
peran P5 untuk menggenapkan dan menguatkan kemampuan yang didapatkan peserta
didik dalam peserta didikan intrakurikuler.
Manfaat P5
P5 memberikan ruang bagi seluruh anggota satuan
pendidikan untuk dapat mempraktikkan profil pelajar Pancasila. P5 memiliki
manfaat yang berbeda-beda bagi setiap pihak.
Manfaat bagi Satuan Pendidikan:
1. Menjadikan satuan pendidikan sebagai sebuah
ekosistem yang terbuka untuk partisipasi dan keterlibatan masyarakat.
2. Menjadikan satuan pendidikan sebagai organisasi
pembelajaran yang berkontribusi kepada lingkungan dan komunitas di sekitarnya.
Manfaat bagi Pendidik:
1. Memberi ruang dan waktu untuk peserta didik
mengembangkan kompetensi dan memperkuat karakter dan profil pelajar Pancasila.
2. Merencanakan proses pembelajaran projek profil
dengan tujuan akhir yang jelas.
3. Mengembangkan kompetensi sebagai pendidik yang
terbuka untuk berkolaborasi dengan pendidik dari mata pelajaran lain untuk
memperkaya hasil pembelajaran.
Manfaat bagi Peserta Didik:
1. Memberi ruang dan waktu untuk peserta didik mengembangkan
kompetensi dan memperkuat karakter dan profil pelajar Pancasila.
2. Merencanakan proses pembelajaran projek profil
dengan tujuan akhir yang jelas.
3. Mengembangkan kompetensi sebagai pendidik yang
terbuka untuk berkolaborasi dengan pendidik dari mata pelajaran lain untuk
memperkaya hasil pembelajaran.
Sumber : https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6255504/mengenal-p5-dalam-kurikulum-merdeka-dan-manfaatnya.
-
there are no comments yet